5 Kunci Sukses GO-JEK Membangun Startup

/ /
Sekitar tahun 2010, GO-JEK hanya dikenal sebagai penyedia transportasi roda dua melalui panggilan telepon. Sekarang, selain mengantar orang, GO-JEK juga memiliki berbagai layanan antar untuk makanan, barang, dan berbagai layanan on-demand lainnya. Terlepas dari pro-kontra terhadap kehadirannya yang dianggap dapat mematikan sektor lain, tak ada salahnya untuk belajar, apa yang membuat GO-JEK mampu membesarkan usahanya.
Membangun startup merupakan sebuah pekerjaan 24 jam yang harus dilakukan dengan penuh cinta. Dayu Dara Pertama, Co-Founder GO-LIFE dalam sebuah konferensi untuk perempuan beberapa waktu lalu mengatakan, ada lima hal yang membuat GO-JEK tumbuh seperti saat ini.
Pertama, membangun bisnis yang memiliki tujuan. Berawal dari pemikiran tidak adanya standarisasi ongkos ojek, GO-JEK berharap kehadirannya dapat memberikan standarisasi harga dan dampak sosial melalui teknologi.  
Kedua, tim. Carilah orang-orang yang memiliki hasrat, kecintaan pada pekerjaan.  
Ketiga, produk. Temukan produk yang dibutuhkan dan menyelesaikan masalah orang lain. Dengan kondisi jalan macet, kehadiran ojek dengan harga yang dapat diukur menyesuaikan jarak dianggap adil bagi konsumen.
Keempat, harga yang sesuai dan promosi yang menyesuaikan daerah tempat dia berada. Kebutuhan di Jakarta tentu berbeda dengan daerah lain. Melihat kondisi masyarakat di daerah tersebut penting dilakukan.

Kelima, membangun kerjasama dengan pihak yang memiliki visi yang sama.

No comments:

Post a Comment